Mahasiswa KKN UIN prof. K.H Saifuddin Zuhri Mengadakan Sosialisasi Sertifikasi Halal, Penggunaan QRIS dan Pendaftaran Lokasi di Google Maps untuk UMKM

PEMALANG-Kelompok 156 KKN UIN SAIZU angkatan 52 melakukan kegiatan sosialisasi sebagai program kerja unggulan berupa sosialisasi sertifikasi halal, penggunaan QRIS dan pendaftaran lokasi UMKM pada google maps di Desa Jrakah, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Minggu (12/8) lalu.

Sosialisasi yang dilaksanakan di balai desa Jrakah dihadiri oleh pelaku UMKM Desa Jrakah, Perangkat desa, ketua TUNAS (Tugu Nasi Goreng), PKK, dan Ketua Karang Taruna.

Koordinator Desa Kelompok 156, Arif Khoirul Amin menyampaikan, sosialisasi ini merupakan hasil dari riset dimana Desa Jrakah sendiri memiliki tugu nasi goreng yang menjadi icon desa sebagai UMKM yang paling banyak dimiliki oleh warga Desa Jrakah. Riset tersebut dilakukan dengan menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) terhadap potensi desa.

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang sertifikasi halal, penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran dan pendaftaran lokasi UMKM untuk mempermudah penjualan.

Sertifikasi halal merupakan Sertifikat halal merupakan pengakuan kehalalan suatu produk yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag). Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya. Dan pendaftaran lokasi UMKM di google maps untuk memudahkan menemukan alamat lokasi dan petunjuk jalan ke arah lokasi UMKM.


Sertifikasi Halal
Sertifikasi halal adalah fatwa tertulis MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai syariat Islam melalui pemeriksaan yang terperinci oleh LPPOM MUI. Kepemilikan sertifikasi halal oleh pelaku usaha dapat mendorong peningkatan kepercayaan konsumen dan menambah nilai suatu produk. Sertifikasi halal juga dapat mendorong peningkatan daya saing pelaku usaha dalam menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Potensi adanya sertifikasi halal di Desa Jrakah dilihat dari banyaknya UMKM nasi goreng juga UMKM keripik tempe. Hal tersebut yang membuat sertifikasi halal menjadi suatu hal yang baru di desa ini.

Penggunaan QRIS
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.
Pendaftaran Lokasi UMKM Pada Google Maps
Google Maps merupakan aplikasi peta online yang diciptakan oleh perusahaan raksasa teknologi Google. Menambahkan lokasi bisnis di Google Maps dapat membantu meningkatkan peluang hadirnya pelanggan baru. Karena tidak hanya alamat fisik, di Google Maps juga bisa mencantumkan foto bangunan, hari operasional, sampai daftar harga barang. Tentunya hal ini memudahkan pelanggan sebelum memutuskan untuk bertransaksi pada bisnis. Google Maps juga mempengaruhi kegiatan jual beli online yang dimana Desa Jrakah belum ditemukan untuk penjualan online seperti Shopee Food, Go Food dan lainnya.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan UMKM yang ada di Desa Jrakah dapat mengikuti perkembangan teknologi dan menambah sedikit wawasan tentang beberapa hal mengenai materi tersebut.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *